Kamis, 05 November 2015

Biro Iklan dan Seluk Beluknya

Biro Iklan dan Seluk Beluknya



* Pemahaman Umum Biro iklan

Biro iklan adalah perantara yang berada di tengah – tengah
orang yang ingin memasang iklan dan orang yang menyediakan
tempat untuk memasangkan iklan.

* Akun dalam biro iklan

Account adalah tenaga professional dalam biro iklan yang
bertugas untuk melayani klien – klien mereka. Account ini
berupa perorangan atau sebuah perusahaan pemasang iklan yang
memahami dan membutuhkan jasa biro iklan, yang nantinya akan
menjalin kerja sama dengan pemilik media yang menyediakan ruang
atau waktu siaran iklan

* Sejarah biro iklan

Biro iklan pertama di dirikan pada awal abad 19. Biro iklan di
Inggris yang pertama adalah White’s yang di dirikan di London
pada tahun 1800. Dimana iklan yang di kerjakan oleh biro iklan
pelopor tersebut mula – mula hanya untuk mempopulerkan lotere –
lotere resmi yang di kelola pemerintah.

Selanjutnya White’s bertindak sebagai biro iklan resmi untuk
kepentingan Kantor Urusan Perang (War Office), Angkatan Laut
Kerajaan Inggris, Komisi Narapidana Kerajaan (His Majestiy’s
Commisioner for Prisons), Kantor Urusan Koloni (Colonial Office)
dan yang terakhir Crown Agents. Sebagaian besar iklan yang di
tanganinya adalah iklan rekruitment.

Pada awalnya, biro iklan tersebut tidak lebih dari makelar ruangan,
yang menjual ruang - ruang iklan di surat kabar secara freelance.
Setelah produksi surat kabar menjadi lebih membaik, dengan jenis
dan model huruf yang lebih beragam, serta sejak di perkenalkannya
ilustrasi – ilustrasi, pialang – pialang ruangan iklan tersebut
mulai terjun untuk bersaing dengan menawarkan jasa – jasa yang
lebih luas seperti copywriting dan pembuatan desain iklan.

Sebelumnya hanya ada satu jenis huruf saja yang digunakan dalam
suatu penerbitan, dan satu – satunya pilihan untuk iklan yang
siap pakai adalah mengulang baris iklan yang itu – itu saja.

Walaupun iklan tersebut lebih menarik perhatian dari pada pesan
biasa, akan tetapi tetap saja di rasa kurang imajinatif.

Dalam keadaan seperti inilah biro iklan kreatif lahir. Hal ini
bertolak dari tuntutan keadaan, karena para pemasang iklan tentunya
ingin membeli ruang iklan lewat biro yang menawarkan ide terbaik.
AE (Account Eecutive) yang dahulu di sebut “contact Man” mulai
memainkan peran penting.

Setelah Perang Dunia II berakhir, biro iklan modern berkembang
pesat dengan menyediakan berbagai macam layanan baru seperti
pemasaran, riset pemasaran, dan juga perencanaan media, setelah
data – data statistik media tersedia.

Statistik media tentang pembaca pertama kali dibuat oleh Hulton
Redership Survey pada dekade 1950-an, meskipun sebenarnya Audit
Bereau of Circulations sebelumnya telah mengumumkan angka
penjualan bersih dari berbagai media yang terbit di Inggris
sejak tahun 1951. Dengan lahirnya iklan (siaran niaga) di
televisi pada tahun 1955, maka layanan yang di sediakan
oleh biro iklan pun bertambah lagi, sedemikian rupa sehingga
biro iklan yang paling besar yang menangani barang –
barang produksi secara massal adalah biro iklan yang sanggup
menangani dan menjual iklan di radio dan televisi.

* Peran biro iklan

Biro Iklan bertindak sebagai penanggung jawab

Peran utama biro iklan adalah merancang dan melaksanakan kampanye
periklanan bagi para kliennya. Namun, peran biro iklan tergantung
dari jenis biro iklan tersebut, ada yang menyediakan semua layanan,
ada yang hanya menawarkan media, ada biro iklan yang hanya
merancang iklan dan ada pula yang menawarkan layanan khusus.

Namun, jika di lihat secara hukum, biro iklan bertanggung jawab
atas pembayaran di muatnya iklan dalam media. “Kebiasaan dalam
perdagangan” menyatakan bahwa apabila seorang pemasang iklan
mengalami kegagalan dalam pemenuhan kewajiban pembayaran,
maka biro iklan lah yang bertanggung jawab untuk membayar
tagihan atas nama kliennya.

Biro iklan menawarkan kepada klien jasa sebuah tim profesional
yang terlatih dan dapat di manfaatkan bersama klien lain.
(Dimana tim tersebut dapat melayani beberapa klien sekaligus)

Biro iklan menawarkan kepada media suatu cara yang ekonomis
untuk membeli dan menjual ruang dan waktu siaran iklan.
___________________________________________________
Cat :

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net PopCash.net

Tidak ada komentar :

Posting Komentar