Selasa, 22 September 2015

Foru-Forum Media Massa



Penggabungan Saluran Media Massa dengan Saluran Antarpribadi

Schramm (1964) dalam Wiryanto (2000) menunjukkan secara khusus
tugas-tugas modernisasi yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh
media massa, dan dapat diterapkan untuk setiap situasi komunikasi
massa. Penggabungan antara media massa dan saluran antarpribadi
merupakan alat yang paling efektif untuk :

Mencapai khalayak dengan ide-ide baru
Mempengaruhi mereka memanfaatkan inovasi-inovasi.

Bentuk penggabungan antara kedua saluran itu disebut sebagai forum-
forum media (mass media forums, media forums). Forum-forum media ini
pertama kali dikembangkan di kalangan keluarga-keluarga petani di
Kanada. Kemudian menyebar ke Jepang dan negara-negara berkembang
seperti India, Nigeria, Ghana, Malawi, Kosta Rika, dan Indonesia.

Forum-forum media ini diorganisasikan, ketika kelompok-kelompok
kecil dari individu-individu yang bertemu secara reguler menerima
suatu program dari media massa dan mendiskusikan program itu.

Jenis Forum media adalah sebagai berikut :

Forum-Forum Radio

India pernah tercatat sebagai negara yang paling luas menggunakan
forum radio. Forum radio berusaha membantu para petani menyadarkan
mereka tentang masalah-masalah atau inovasi-inovasi di bidang
pertanian dan kesehatan serta meningkatkan semangat mereka untuk
mencoba ide-ide baru. Secara reguler program-program radio yang
sudah dijadwalkan, mengadakan agenda pertemuan anggota-anggota
forum, baik di rumah maupun di tempat-tempat umum guna mendengarkan
siaran yang berfungsi sebagai agen kelompok-kelompok belajar yang
menyertainya. Forum-forum itu memberikan umpan balik secara teratur
berupa laporan-laporan diskusi atau pertanyaan-pertanyaan klarifikasi
kepada penyiar.

Sekolah-Sekolah Media Massa

Sekolah-sekolah media ini berusaha memberikan dasar-dasar pendidikan,
termasuk latihan-latihan melek huruf kepada penduduk yang bertempat
tinggal di daerah-daerah pedesaan yang terpencil.

Kelompok-Kelompok Studi di Republik Rakyat Cina

Partai komunis Cina mempergunakan kelompok-kelompok diskusi majalah
dan surat kabar sebagai alat indoktrinasi dan pengajaran di kalangan
kader-kader partai dan para pengikut partai untuk jangka waktu 50 tahun.

Berbagai tipe forum media, semuanya adalah bentuk-bentuk komunikasi
massa yang dikombinasikan dengan dampak komunikasi antarpribadi
dalam kelompok-kelompok kecil. Kelompok merupakan unsur yang penting
dalam menggerakkan individu-individu kepada penerimaan yang lebih
besar pesan-pesan yang disampaikan melalui media massa. Prinsip dasar
yang digunakan adalah untuk menanamkan atau mengintroduksikan gagasan-
gagasan kepada sejumlah khalayak secara luas.

Efek Forum-Forum Media

Meskipun ada perbedaan-perbedaan dalam tipe sistem forum media antar
negara satu dan negara lain serta jenis program yang ditekankan,
tetapi semuanya mempunyai unsur-unsur sebagai berikut :

Semua memanfaatkan ata mendayagunakan suatu medium (radio, televisi,
atau media cetak) untuk membawakan muatan besar penyampaian pesan-pesan
mengenai teknik-teknik inovasi kepada forum diskusi.

Semua menyangkut kelompok-kelompok kecil yang disampaikan melalui
saluran-saluran media massa dan anggota-anggotanya kemudian
berpartisipasi dalam diskusi-diskusi.
  

Semua program media tampak efektif dalam menciptakan pengetahuan,
membentuk dan mengubah sikap serta dalam catalyzing perubahan perilaku.

Faktor-faktor yang menyebabkan mengapa individu-individu akan
belajar lebih banyak apabila mereka menjadi anggota-anggota dari
forum media adalah sebagai berikut :

Perhatian dan partisipasi  disemangati oleh adanya tekanan kelompok
(group pressure) dan harapan-harapan sosial (social expectation).

Perubahan sikap timbul lebih nyata apabila individu-individu
berada di dalam kelompok.

Novelty effects dari saluran-saluran baru dan yang diikuti kemudian
oleh kredibilitas tinggi yang melekat pada media dapat dipertanggung
jawabkan bagi keberhasilan forum-forum media.

Umpan balik (feedback) dari forum kepada penyiar berlangsung dengan
teratur dan relatif cepat.

Forum media memiliki keunggulan dalam mengatasi proses seleksi dari
anggota-anggota kelompok.
______________________________________________________________________
Cat :


Tidak ada komentar :

Posting Komentar