Senin, 26 Oktober 2015

Hubungan masyarakat (Humas) dan Seluk Beluknya

* Pemahaman Umum

Hubungan masyarakat, atau sering disingkat humas adalah praktek mengelola
penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat.
Humas dapat mencakup sebuah organisasi atau individu yang mendapatkan
eksposur ke khalayak mereka menggunakan topik kepentingan publik dan
berita yang tidak memerlukan pembayaran langsung.

Tujuan dari hubungan masyarakat oleh perusahaan sering untuk membujuk
masyarakat, investor, mitra, karyawan, dan pemangku kepentingan
lainnya untuk mempertahankan sudut pandang tertentu tentang hal itu,
kepemimpinannya, produk, atau keputusan politik. Kegiatan umum
termasuk berbicara di konferensi, memenangkan penghargaan industri,
bekerja sama dengan pers, dan komunikasi karyawan.

Sebagai sebuah profesi seorang Humas bertanggung jawab untuk
memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan
membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat
masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.
 
* Sejarah Humas

1. Dunia

Kebanyakan buku teks mempertimbangkan pembentukan Biro Publisitas
pada tahun 1900 menjadi pendirian profesi humas. Namun akademisi
telah menemukan bentuk awal pengaruh publik dan manajemen
komunikasi dalam peradaban kuno, selama menetap di Dunia Baru
dan selama gerakan untuk menghapuskan perbudakan di Inggris.

Basil Clark dianggap sebagai pendiri humas di Inggris untuk pendirian
Jasa Editorial pada tahun 1924, meskipun akademik Noel Turnball
percaya PR didirikan di Inggris pertama oleh evangelis dan
reformis Victoria.

Propaganda yang digunakan oleh Amerika Serikat, Inggris, Jerman
dan lain-lain untuk menggalang dukungan domestik dan mengutuk
musuh selama Perang Dunia, yang menyebabkan upaya publisitas
komersial yang lebih canggih seperti bibit public relations
yang memasuki sektor swasta. Kebanyakan sejarawan percaya hubungan
masyarakat menjadi mapan pertama di Amerika Serikat oleh Ivy Lee
atau Edward Bernays, kemudian menyebar secara internasional.

Konsep dasar Humas yang diperkenalkan pada tahun 1906 oleh Ivy Lee
saat ia berhasil menjembatani konflik buruh batubara dan pengusaha.
Konsep ini lalu dikenal sebagai Declaration of Principle (Deklarasi
Azas-Azas Dasar) yaitu prinsip yang terbuka dan tidak menyembunyikan
data dan fakta.[butuh rujukan] Banyak perusahaan Amerika dengan PR
di departemen menyebarkan praktek ini ke Eropa ketika mereka
menciptakan anak perusahaan Eropa sebagai akibat dari Rencana Marshall.

2. Indonesia

Humas di Indonesia dikenal pada tahun 1950an dimana humas bertugas
untuk menjelaskan peran dan fungsi-fungsi setiap kementrian, jawatan,
lembaga, badan, dan lain sebagainya.[butuh rujukan]
Orang-orang penting dalam Hubungan masyarakat

Dunia Humas telah menghasilkan praktisi penting dan terkenal,
pengubah-kebijakan, humas dan CEO.

Beth Comstock, SVP dan CMO dari General Electric
Kelly Cutrone, Television personality dan Pendiri perusahaan PR Revolusi Rakyat
Stephanie Cutter, Campaign Manager untuk Presiden Obama
Daniel Edelman, Pendiri firma kehumasan terbesar di dunia, Edelman PR
Richard Edelman, Presiden dan CEO dari perusahaan Edelman PR
Christopher Graves, CEO Global Ogilvy PR Seluruh Dunia
David Krane, Google Ventures dan mantan pejabat PR di Google
Elliot Schrage, Vice President Komunikasi dan Kebijakan Publik di Facebook
Rachel Whetstone, Kepala PR di Google
Taktik

Hubungan masyarakat profesional menyajikan wajah sebuah organisasi
atau individu, biasanya untuk mengartikulasikan tujuan dan pandangan
resmi tentang isu-isu yang relevan, terutama kepada media. Hubungan
masyarakat memberikan kontribusi dengan cara organisasi yang dirasakan
untuk mempengaruhi media dan memelihara hubungan dengan para pemangku
kepentingan. Menurut Dr Jacquie L'Etang dari Queen Margaret University,
hubungan masyarakat profesional dapat dilihat sebagai "pekerja wacana
yang mengkhususkan diri dalam komunikasi dan penyajian argumen dan
menggunakan strategi retoris untuk mencapai tujuan manajerial."

Disiplin spesifik dari hubungan masyarakat meliputi:

1 Public relations keuangan - mengkomunikasikan hasil keuangan dan
   strategi bisnis

2. Konsumen / gaya hidup PR - mendapatkan publisitas untuk produk
   atau jasa tertentu

3. Komunikasi krisis - menanggapi dalam krisis
4. Komunikasi internal - berkomunikasi dalam perusahaan itu sendiri
5. Hubungan pemerintah - melibatkan departemen pemerintah untuk
   mempengaruhi kebijakan publik
6. Hubungan makanan-centric - mengkomunikasikan informasi spesifik
   berpusat pada makanan, minuman dan anggur.

Dalam setiap disiplin, kegiatan khas termasuk acara publisitas,
peluang berbicara, siaran pers, surat kabar, blog, media sosial,
media cetak dan komunikasi di luar ruangan untuk anggota pers.

Video dan audio rilis berita (VNRs dan ANRs) sering diproduksi dan
didistribusikan ke pihak TV dengan harapan akan digunakan sebagai
isi program reguler.

Pembangunan dan mengelola hubungan dengan orang-orang yang mempengaruhi
suatu organisasi atau khalayak individu memiliki peran sentral
dalam melakukan hubungan masyarakat.[7][8] Setelah praktisi humas
telah bekerja di lapangan, mereka mengumpulkan daftar hubungan
yang menjadi aset, terutama bagi mereka dalam hubungan dengan media.

* Etika
Bidang humas umumnya sangat tidak reguler, tapi banyak profesional
secara sukarela mematuhi kode etik dari satu atau lebih badan
profesional menghindari eksposur untuk pelanggaran etika.[9] The
Chartered Institute of Public Relations, Humas Society of America
dan The Institute of Public Relations adalah beberapa organisasi
yang menerbitkan kode etik.

Namun, survei 2003 tentang kepercayaan semi-tahunan Edelman
menemukan bahwa hanya 20 persen dari responden survei dari
masyarakat diyakini komunikator dibayar dalam sebuah perusahaan
yang kredibel.

Menurut Scott Cutlip, justifikasi sosial bagi hubungan masyarakat
adalah hak bagi suatu organisasi untuk memiliki pendengaran yang
adil dari mereka berdasarkan point pandangan di forum publik,
tetapi untuk mendapatkan sidang tersebut untuk ide-ide mereka
membutuhkan advokat yang terampil.

* Definisi

Ini adalah sesuatu yang tidak nyata, ini adalah apa yang membedakannya
dari iklan. Webster's New Collegiate Dictionary mendefinisikan humas
sebagai "usaha mendorong masyarakat untuk memiliki goodwill terhadap
seseorang, perusahaan atau lembaga".

"Humas merupakan upaya terencana untuk mempengaruhi opini melalui
kinerja tanggung jawab sosial dan dapat diterima, berdasarkan
komunikasi dua arah yang saling memuaskan." Humas dapat digunakan
untuk membangun hubungan dengan karyawan, pelanggan, investor,
pemilih, atau masyarakat umum. Publik dianggap sebagai penghubung
antara perusahaan dan media.

Public relations juga dapat didefinisikan sebagai praktek mengelola
komunikasi antara organisasi dengan publiknya.

__________________________________________________________________
Cat : Wiki Ind

Tidak ada komentar :

Posting Komentar